Me & Chevrolet Optra Magnum

Review Chevrolet Optra Magnum 1.6 LS: Mobil Value for Money, part 2

Posted on: January 17, 2009

Baca artikel sebelumnya.

Kelengkapan mesin
Mesin 16 katup 1600cc terasa halus dan lebih efisien dibanding Optra LS 1800cc versi sebelumnya. Menurut dealer, Magnum cukup diisi Premium. Saya belum ukur penggunaan bahan bakarnya, namun dari sekilas penggunaan dalam kota, mobil ini tidak boros. Pengukuran Autobild Indonesia, untuk konsumsi jalan toll, Optra Magnum mampu berjalan 14.36km/L.

mesin-optra

Dari sisi mesin, mobil ini cukup canggih, dilengkapi mesin 16 katup DOHC kapasitas 1600 cc membuatnya lebih irit (versi tes Kompas 1 liter pertamax=14 km kombinasi). Akselerasinya cukup kencang (saya tidak punya catatan khusus), namun ketika gas diinjak, rasanya enteng sekali (saya isi pertamax).
Fitur kemanan berlimpah, airbag tersedia (hanya di posisi sopir saja), seatbelt 5 titik, rem cakram 4 roda dengan ABS, kunci dilengkapi immobilizer (mobil hanya bisa dihidupkan dari kunci kontak asli), spion bisa dilipat secara elektrik yang memudahkan saat parkir.

Interior lapang dan mewah

Di dalam kabin, kelebihan Magnum sangat menonjol. Material kabin berkualitas dengan warna beige, dashboard diseliingi warna hitam (agar tidak silau). Interior sudah dilengkapi dengan wood panel di dashboard maupun tiap pintu menegaskan kembali kesan mewah.

Kabin Optra dilengkapi dengan wood panel yang menambah kesan mewah.

Kabin Optra dilengkapi dengan wood panel yang menambah kesan mewah.

 

Kabin pengemudi Optra dilengkapi dengan kontrol audio di stir, pelipat spion, electric mirror, audio 4 speaker.

Kabin pengemudi Optra dilengkapi dengan kontrol audio di stir, pelipat spion, electric mirror, audio 4 speaker.

Tempat penyimpan melimpah: dibawah jok depan kiri terdapat laci penyimpan, laci dashboard dilengkapi ventilasi AC (untuk mendinginkan botol minuman), tempat coin di depan sopir, laci consol tengah disediakan tempat penyimpanan.

Laci penyimpanan dibwah kursi dan laci dashboard dilengkapi pendingin (AC) untuk minuman.

Laci penyimpanan dibwah kursi dan laci dashboard dilengkapi pendingin (AC) untuk minuman.

Kelapangan kabin sangat mengagumkan. Jok belakang bisa diisi 3 orang dewasa dengan nyaman. Ruang kaki belakang cukup lebar sehingga kaki bisa relatif lurus. Hal ini tidak mengherankan karena panjang keseluruhan Magnum lebih panjang sekitar 2cm dibandingkan Altis (ini saya sadari karena Altis bisa masuk carport sedangkan Magnum tidak).

Kabin belakang lapang, kaki bisa leluasi, cukup untuk 3 orang dewasa.

Kabin belakang lapang, kaki bisa leluasi, cukup untuk 3 orang dewasa.

Jok dibungkus kain bludru halus (sayang tidak ada versi kulitnya). Jok dibelakng dilengkapi sandaran tangan tengah yang cukup lebar. Semua 5 kursi dilengkapi seatbelt dan penyangga kepala (termasuk belakang tengah). Khusus kursi pengemudi bisa diatur ketinggian, kemiringan tempat duduk selain kemiringan sandaran (reclining seat).

Kursi belakang dilengkapi 3 sandaran kepala dan sandaran tangan di tengah.

Kursi belakang dilengkapi 3 sandaran kepala dan sandaran tangan di tengah.

Fasilitas power window, central lock, remote key, elektric mirror bahkan melipat spion merupakan standar. Setir dapat diatur tingginya, dilengkapi tombol kontrol audio (on-off, volume, pindah channel, mute). Panel speedometer bulat (sayang backlight hanya hidup kalau lampu nyala, sehingga gelap kalau siang). Odometer digital dengan 3 counter. Sistem audio cukup mumpuni, bisa untuk mutar CD, MP3 dan radio dengan 4 speaker. AC bisa disetel otomatis dengan LCP panel.

Yang perlu diingat, mobil Amerika ini sedikit berbeda dengan mobil jepang. Tuas wiper berada di kanan stir, sedangkan tuas sein ada di kiri, ini kebalikan dari mobil Jepang. Selain itu untuk persnelling mundur, justru letaknya ke arah maju. Hal ini perlu sedikit pembiasaan bagi yang sudah lama menggunakan mobil jepang.

Pengalaman mengendarai
Mesin mobil ini halus sehingga di kabin terasa hening. Suspensinya relatif empuk, dengan bobot 1.2 ton mobil ini cukup nyaman diajak jalan jauh (lebih nyaman dibandingkan 1500cc, namun masih kalah dibandingkan Altis).  AC lumayan, walaupun tidak bisa terlalu dingin.

Akselerasinya lumayan cepat dan terasa ringan, Autobild mencatat 0-100km/jam 13.36 deik untuk AT. Perpindahan perseneling juga cukup halus, dengan injakan kopling ringan. Lingkaran stir kok terasa lumayan besar, sehingga ketika belok, muternya lumayan dan sering tombol audio terpencet. Stri ringan dengan feedback kurang terasa. Duduk di belakang cukup nyaman karena kaki lebih leluasa untuk ukuran saya (tinggi badan 165 cm).

Disamping kelebihan2 diatas, terdapat beberapa kekurangan Magnum

  • Pintu tidak otomatis mengunci ketikan mobil dihidupkan atau jalan. Hal yang cukup aneh untuk mobil secanggih ini karena mestinya sudah standar (Soluna otomatis mengunci saat dihidupkan, Escudo power lock otomatis bekerja saat kendaraan berjalan 10km/jam).
  • Mobil dengan interior mewah ini tidak dilengkapi karpet. Memang lapisan bludru mobil ini sudah halus, namun sayang sekali paket pembelian ini tidak dilengkapi karpet yang sepadan. Kami akhirnya beli karpet plastik di supermarket (belum ketemu karpet ‘rambut’ yang warnanya sesuai).
  • Panel speedometer tidak dilengkapi lampu backlight sehingga saat siang terasa gelap. Backlight baru menyala saat malam (lampu depan menyala). Hal ini terasa aneh karena pada mobil2 jepang, backlight pada siang hari menyala lebih terang dibandingkan malam hari.
  • Bunyi klakson ‘kalem dan sopan’ sehingga tidak mengagetkan, mungkin kurang cocok untuk ‘budaya’ Indonesia.
  • Populasi mobil ini relatif sedikit sehingga sparepart (khususnya slow moving) mungkin relatif lebih sulit dicari. Namun kembali selama tidak ada kejadian (kecelakaan misalnya), spare part yang seperti itu tidak harus diganti.
  • Citra merk yang belum kuat, kurang terkenal. Bagi saya, justru karena jarang yang pakai, mobil ini malah terkesan ‘esklusif’.
  • Resale value kurang bagus. Namun bila kita mempertimbangkan fungsionalitas serta dengan tujuan pemakaian yang lama, maka masalah tersebut tidak terlalu terkendala (mobil memang bukan barang investasi).
  • Layanan ATPM. Harus diakui, layanan GM masih sangat perlu di perbaiki terutama di kota kami. Penjaga show room yang kurang kompeten sehingga sebagai konsumen tidak mendapatkan penjelasan yang gamblang, supervisor yang kurang responsif, dll. Namun dengan pertimbangan nama besar GM, kami akhirnya mengambil ‘resiko’ untuk membeli.

Kesimpulan
Kalau anda menginginkan mobil kelas 1800cc dengan harga 1500cc maka Optra Magnum merupakan salah satu pilihan yang perlu dipertimbangkan dan bahkan mungkin hampir tanpa saingan. Kekurangan dalam hal citra dan resale value dapat terobati dengan kelengkapan fitur dan kenyamanan yang menyerupai mobil medium sehingga layak kalau mobil ini betul2 value for money.

37 Responses to "Review Chevrolet Optra Magnum 1.6 LS: Mobil Value for Money, part 2"

Mas Nurjayanto dan optra magnum tercintanya,

review-nya luar biasa memberikan pencerahan bagi saya yang baru hari ini memutuskan untuk membungkus optra magnum matic utk istri saya tercinta.

Setitik keraguan berubah menjadi seember keyakinan bersama pencerahan dari Mas Nurjayanto.

Setelah mobil dikirim oleh dealer, saya akan menambahkan kesan-kesan saya pada mainan baru saya ini.

keep posting ya dengan optra magnum-nya…
Sekalian buat milisnya donk Mas utk yang Optra 1.6

Salam sukses,
yosie

Mas Yosie, silahkan ditambahkan kesan2 di sini agar bisa saling share. Untuk milis, sementara nunggu kawan2 pemakai yang lain dulu.
salam

Mas Nurjayanto dan magnumnya,

thanks utk replynya.saya masih menunggu dalam 1-2 hari ini ini utk delivery dari dealer.setelah saya terima, saya akan segera memberikan comment.

thank you, enjoy the drive..

salam,
yosie

mas…. bisa minta dishare konsumsi BBM nya? saya juga tertarik neh dengan mobil ini… thanx b4

salam

Konsumsi BBM kalo menurut tes dari Kompas 14km/l (jalan luar dan dalam kota), versi autobild 14.36l/km untuk toll. saya sendiri belum hitung secara akurat, tapi u/ pemakaian sehari2 cukup irit kok.

Mas Nurjayanto,

akhirnya “my blacky magnum” has came on Thursday this week…..suatu pengalaman yang luar biasa menikmati produk unggulan chevy ini…..

beberapa review :
1. body appearence-nya kalau saya boleh bilang dengan istilah saya “where the classic & sporty meet”
2. interior nya juga sama
3. kenyamanan, nya luar biasa….dengan tingkat kesenyapan yang luar biasa, membuat anak saya bisa tidur dengan nyaman apalagi dengan bantingan yang relatif yahuddd……
4. soal bahan bakar….walaupun blacky menggunakan transmisi A/T, tapi nampaknya sejak saya isi di hari 1 dan sudah jalan-2 kemana, baru berkurang sedikit
5. audio set nya relatif baik, tapi nggak terlalu lembut, rada garing.

review yang lain..menyusul…

enjoy the drive…
salam optra
yosie

wah selamat bro yossie. saya sebetulnya pengen ambil yang AT, tapi sayang waktu itu nggak ada warna hitam. jadi terpaksa ambil yang manual aja.
Udah pake asuransi blum bro?

Mas Nurjayanto,

wah…kalau nyobain yang AT, wowww……muantebb banget !!
mana, tipe transmisi AT-nya beda dengan mobil jepang sekelasnya…..
hehehe……

untuk asuransi, saya pakai asuransi JP, all risk.

Kenapa saya tanya asuransi, karena sy dah kejadian🙂
Sy pake Garda. Belum juga STNK keluar, itu mobil dah disrempet motor😦, yg nyopir driver sih u/ jemput anak.

Untung klaim ke asuransi cepet, dah masuk bengkel. nasibbb….

waduhh……ikut prihatin mas🙂

btw, blacky saya juga sudah kena mas, diparkiran sekolah anak saya, spion kanan diembat BMW 725i…

kata teman-2 sabar-2 in 2 bulanan deh utk claim😦

ya…tanda mata dehh…….

suedihhh……

Tenk you banget atas infonya. kalau saya boleh tau optra magnum ini kira2 top speednya berapa ya???

Terima kasih.

Salam,
Agus

Dear Mas2 semua,

Akhirnya ketemu juga ma pemakai Magnum… Sejak terima dari dealer (Sept 08) sampai sekarang, saya blm pernah ketemu hal2 yg ga enak enak dg Optra Magnum A/T saya.
Pernah claim spion juga (di serempet metro mini) ga sampe 2 minngu dah rapi lagi (asuransi pake Allianz).
Konsumsi bahan bakar : irit…. karena lbh irit dr mobil saya sebelumnya (H**** C**Y) yg terkenal paling irit. Terasa banget enak nya kalo lagi di tol, buat uber2 an ma mobil lain.

Buat Mas Nurjayanto, sekalian buat millist aja Mas (ato udah ada kali ya??).

Thanks all, enjoy your Optra Magnum.

Cheers
hari

makacih infonya,

bisa di review juga biaya perawatan di Beres nya juga mas,
saya ada rencana ngambil yang LS bisa kasih reviewnya juga kalo ada, karena baru mampu buat yang itu he….

@ Mas Kodz,

Biaya perawatan sampe sekarang masih free smua mas jadi lom bisa kasih ancer2 nya (2x servis, olie mesin, filter olie), mungkin temans yang lain ada pengalaman maslah biaya perawatan?

Regards

@ Mas Kodz,

Biaya perawatan sampe sekarang masih free smua mas jadi lom bisa kasih ancer2 nya (2x servis, olie mesin, filter olie).

Mungkin temans yang lain ada pengalaman masalah biaya perawatan?

Regards

Mas, untuk masalah pengukuran konsumsi bahan bakar bukannya untuk produk GM sudah ada computer board yg otomatis menghitung? seingat saya di opel vectra dah ada. bagaimana dengan chevy. chevy dan opel kan biasanya identik

Salam

Mas Boyz,

Di Optra Magnum lom ada tuh, seandainya ada enak bgt bisa lbh detail kasih infonya.
Anyway, udah irit kok kayanya apalagi klo pke SHELL. Gw pke Shell Super.

Thanks

Para pecinta Chevrolet semua,

Sebelum saya beli mobil saya sekarang Chevrolet Optra adalah Top of the list saya. Pertimbangan saya adalah harganya yang lebih masuk akal dengan kelengkapan yang tidak kalah.
Sayangnya ketika saya datang langsung ke showroom GM, saya baru sadar ternyata Chevrolet Optra Magnum tidak sama dengan Chevrolet Optra 1st gen. Mesin 1600 cc-lah yang akhirnya membuat saya mundur, karena saya butuh mobil yang bertenaga. Ketika saya bandingkan dengan Civic, Altis, Focus ternyata kabin Magnum tidak kalah lega dan mewah.
Akhirnya terjadi Pro dan Kon dlam memilih mobil, disatu sisi saya sangat suka magnum karena faktor harga, disisi lain saya kurang sreg dengan kapasitas mesinnya. Karena ada teman yang menakut nakuti saya, mereka bilang kalau magnum adalah mobil Korea sehingga daya tahannya diragukan (akhirnya saya sadar kalau pendapat ini salah), dengan terpaksa saya mengambil mobil merk lain dan pilihan saya jatuh ke Honda Accord, memang sih melencengnya jauh tapi saya suka dengan kapasitas mesinnya, bentuk yang futuristik, dan kelegaan kabin.

Dalam hati sebenarnya saya menyesal tidak beli Chevrolet, kadang kalau ketemu di jalan saya sering membayangkan duduk didalamnya (walaupun mobil saya sekarang lebih enak, tapi cinta pertama enggak pernah mati bukan ?).

Moga moga kalau ada kesempatan, saya bisa jodoh dengan produk Chevrolet.

Salam

mas aku baru pesan yang AT dan keluar bulan ini juga, ada saran tentang pemakaian dan perawatan???

kebetulan adik ku pake yg manual.

Temens
Sy tertarik untuk membeli optra magnum. Menurut temens cocok ga untuk dipakai antara bandung – kota tegal (rumah dibandung, kerja di kota tegal)
setiap 2 minggu sekali, maksudnya daya tahannya. Mohon pendapatnya. makasih

salam

saya punya optra A/T 1.8 LT 2005, pada saat masuk gigi D atau R gentakan sangat keras padahal rem sudah di injak penuh.. kenapa bisa begitu, apa nya yang rusak….?
hub email // ii_bajry@yahoo.co.id

Yth,
Rekan2 Sekalian…
Saya rencananya mau membeli mobil, mobil yg saat ini sy pakai Inova th’08. Rencanaya saya mau beli Chevrolet Optra LS th’05……mohon n tolong infonya kelebihan mobil ini, enakan yg matic apa yg manual ya?? servis n sparepartsnya gmn ya…..sy kepincut bodynya…n pengen banget pake mobil eropa…..
tolong sarannya ya…..

Trimaksih……

Dear Mas Nurjayanto,

saya juga tertarik buat membeli optra, it will be my first car, namun mau tanya dulu chevrolet optra ni masih produksi kan ? karena kulihat di website nya chev.co.id kok harga nya ga tercantum ya, kupikir dah tdk jualan lagi hehehhehe……………… tp mungkin mau beli yg seken dulu deh th ’05/06 , minta masukan nya ya, thank u .

mohon pencerahannya,
Sya pake optra 2004,tetapi suara ban masuk kedengaran dari kabin.bahkan saat dibelakang bus,sempet kecium bau solar.
Kira2 masalah ada dimana ya,dan bgm solusi cepat dan murahnya.
Terima kasih

Sekedar untuk berbagi, saya memilki optra Magnum LS 1.6 yg saya beli tahun 2008, dulu sebelum membeli ini sy sdh menjatuhkan pilihan kepada Suzuki Baleno krn alasan ruang yg besar, ttp krn pertimbangan lain akhirnya saya menjatuhkan kepada Toyota Vios walaupun harus merelakan DP.1 jt hilang. Ketika saya melakukan test drive Vios tiba2 melintas mobil Chevrolet Optra Magnum yg sy tdk tau modelnya, hanya ketika itu juga sy lsg mengatakan ini mbil yang sy cari, akhirnya kemudian saya berburu ke Dealer2 Chevrolet dan langsung menjatuhkan pilihan. Sampai detik ini, saya sangat menikmati Optra ini, semakin saya mengendarai, semakin saya jatuh cinta kepada Optra magnum, sy merasakan kenyamanan yg luar biasa ketika mengendarainya, ttg tenaga, tdk ada yg perlu diragukan…Ini hanya sekedar berbagi pengalaman sja…

Mas Nurjayanto, masih menggunakan optra magnumnya, bisa review setelah beberapa tahun mengendarai nya…. Berminat optra 2008, dan masih mencari dan mencari…

Saya pemakai optra 2003,tahun lalu ganti civic 2012,ternyata jauh lebih nyaman,aman dan terkontrol pake chevrolet,sebab walaupun chevrolet spark (saya pernah pake tahun 2007-2010 yang produksi keluaran 2004) yang kecil itu tetap mantap,tidak goyang di kecepatan tinggi (130 km/jam jalur lurus,120 km/jam di tikungan ringan jalan lintas timur Bandar Lampung-Palembang),apalagi optra 2003 saya pernah pacu 160km/jam sangat stabil,skrg saya mau cari optra magnum 2009,masih hunting,ada info pemakai yg mau jual nggak ya?

palang setirnya mirip2 Kia ya.

mohon dibantu teman”,

saya pemakai optra 2008 AT. sya baru beli mobil ini karena saya dpt info bahwa mobil ini termasuk irit, tp ternyata waktu saya pakai kok cuma 6,2km/L.
pemakaian di dalam kota & kecepatan 40-60km/jam.

apakah ada yg salah dg mesin mobil saya? kalo ya, hrs bagaimana ya?

tq

Lagi kepincut juga nih saya sama mobil ini .udah lama sih sebenernya .hha .terima kasih sekali pencerahannya .
Oiya klo gear R ada di depan itu biar dari top gear drivernya gk salah masukin ke R .gearbox yang mobilnya untuk race biasanya seperti itu .layaknya mercedes 190E .kebetulan memang lacetti dugunakan sbg touringCar ,bukan ?

Maaf mau tanya, pajak optra magnum 1.6 manual berapa y pak? Soalnya krn liat review ni jafi pgn TT v*** saya yg noizenya ban banget

Kebetulan saya pemakai optra magnum tahun 2008 dan sudah pakai sekitar 9 bulan ini, kenyamanannya memang luar biasa dan sampai dengan saat ini gk ada pengeluaran2 yang mengagetkan, masih wajar sebatas Ganti Filter sama ganti ban, overall mobil ini bener2 Value for money, dengan harga saat ini lebih murah dari LCGC tapi kenyamanan sudah setara mobil kelas 200 jutaan…..

Wah mobil ini bener2 nyaman, dengan budget dibawah LCGC tapi bisa merasakan kenyamanan dan sensasi mobil mewah😀

Apa ada yang masih pake magnum optra 1.6 sampai skrng ini?
ane minat magnum optra tahun 2008, km masih rendah di 65ribu,
tp kok masih ragu ya mengenai kehandalannya,
mohon reviewnya dong yang masih pake sampai hari ini..
apa masih tahan sampai skrng?

Saya berniat nebus optra 2003 manual seharga 50-56,5jt di showroom mobkas, apakah itu termasuk harga wajar?
Apa saja yg musti extra saya perhatikan?
Makasih masukannya..

@Optra lover: saya sampai saat ini masih memakai magnum 2008 M/T dan secara umum saya cukup puas performa dan ketahanannya, jujur saya kurang begitu paham mendalam masalah mesin tapi dari penggunaan keseharian merawatnya hampir sama aja dengan mobil jepun baik cara maupun biaya, bedanya kita ketemu kembarannya lebih jarang dibanding mobil jepun😀

@aimechika: Harga segitu memang range untuk tahun 2003, yang musti ekstra sama aja seperti beli mobkas pada umumnya
1. Pastikan Showroom tersebut baik track recordnya
2. Cek bodi apakah ada bekas dempul tebal (terasa saat digetok2) dan cek nat2 apakah ada yang sudah berubah khususnya di sekitar pintu dan kusennya
3. Cek AC (pastikan tidak ngorok saat AC dihidupkan) dan mesin, kapan terakhir ganti timing belt, tanya tentang servis recordnya kalau mesin ini coba ajak mekanik karena ini perlu skill yang agak lebih
4. Cek kelengkapan dokumen, minta difotokopi dan tanyakan ke samsat

Semoga berjodoh dengan optra😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • aan aj: @aimechika: Harga segitu memang range untuk tahun 2003, yang musti ekstra sama aja seperti beli mobkas pada umumnya 1. Pastikan Showroom tersebut bai
  • aan aj: @Optra lover: saya sampai saat ini masih memakai magnum 2008 M/T dan secara umum saya cukup puas performa dan ketahanannya, jujur saya kurang begitu p
  • aimechika: Saya berniat nebus optra 2003 manual seharga 50-56,5jt di showroom mobkas, apakah itu termasuk harga wajar? Apa saja yg musti extra saya perhatikan?

Categories

Archives

%d bloggers like this: